9 Jenis Makanan Ini Jadi Sumber Imunitas Alami Hadapi Virus Corona

Wabah COVID-19 akibat virus corona memang menyebabkan beberapa orang panik dan menimbun persediaan di rumah. Di media sosial seperti instagram dan twitter, orang-orang bahkan mengunggah foto bukti barang-barang tersebut selalu kosong. Liputan6.com, Jakarta Virus Corona sedan mewabah dan membuat panik masyarakat. Daripada panik, lebih baik mempersiapkan makanan yang berguna untuk melawan penyebaran virus corona itu. Pertama, sistem imun tidak spesifik yang juga dikenal sebagai sistem kekebalan bawaan. Jika kuman berhasil masuk ke jaringan tubuh maka sistem ini adalah sistem pertama yang mencegah patogen untuk berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Makanan untuk melawan Covid

Mulai dari vitamin A, C, E, serat, dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga berguna menunjang sistem kekebalan tubuh. Untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini, Anda dapat mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya. Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain yogurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe. Semakin banyak probiotik, maka semakin banyak bakteri baik yang masuk ke tubuh kita. Diketahui bawang putih memiliki zat alami antivirus dan senyawa yang mengandung sulfur yang bernama allicin.

Pertemuan tatap muka yang dibatasi akibat pandemi COVID-19 mengharuskan staf menggunakan Whatsapp untuk mengadakan konseling bagi ibu hamil dan menyusui. Tempat duduk diatur sesuai dengan prosedur ‘bodily distancing’ untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dessy dan rekan-rekannya dalam perjalanan melakukan kunjungan rumah di Desa Paseban. Meski obat-obatan di atas ada di daftar BPOM, kamu tetap harus konsultasi ke dokter ya jika mengalami gejala-gejala COVID-19. Obat ini berguna untuk melarutkan lendir kental pada bronkus dan paru-paru.

Hal ini perlu dilakukan agar gizi dalam tubuh bekerja menghasilkan imun dengan optimum. Vitamin D dapat ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, susu atau makanan yang diperkaya dengan vitamin D. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih kuat melawan paparan virus Corona.

Sumber vitamin C adalah jambu biji, pepaya, brokoli, cabe merah, strowbery, lemon dan kiwi. Sedangkan vitamin D ada pada ikan makarel, gabus, kembung, salem, makarel kuning telur, susu dan tuna. Dan sumber vitamin E ada terdapat pada minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak kelapa sawit, minyak kacang kedelai, minyak zaitun, minyak kacang tanah. Selenium dan seng merupakan salah satu mineral yang berfungsi sebagai antioksidan melawan berbagai radikal bebas dan benda asing yang masuk dalam tubuh.

Sebagai bantuan untuk meningkatkan asupan vitamin D, kamu harus konsumsi ikan seperti salmon, sarden, pilchard, trout, herring, kippers, dan belut yang mengandung vitamin D. Oh ya, sereal sarapan dan yogurt juga bisa jadi menu sarapanmu untuk menambahkan vitamin D. Alkohol menyebabkan dehidrasi dan dapat menghambat sistem kekebalan tubuh. Jadi jika Anda mulai merasa mual, jangan minum minuman keras dan gantikan dengan sesuatu yang menghidrasi. Guru meditasi Veda sekaligus pendiri salah satu studio meditasi di New York, Ellie Burrows Gluck mengatakan, praktik meditasi yang konsisten dapat membantu merespons sistem imun dengan lebih baik.

Lebih dari biasanya, kita perlu memiliki gaya hidup yang baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah. Jenis sayuran yang satu ini ternyata bisa bantu cegah virus karna kandungan vitamin A, C dan E, serta mineral dan antioskidan dalam brokoli bisa mampu melawan sumber penyakit loh guys. Nah antioksidan dari sayur brokoli ini mampu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas dalam sel dan organ tubuh jadi tubuh tetap kuat.

Loss