Ada Four Varian Corona Bermutasi, Vaksinasi Kudu Tiap Tahun?

Indonesia butuh 660 juta dosis untuk memenuhi imunitas komunal atau herd immunity, di mana 181 juta penduduk harus divaksin yang sudah ditetapkan diberi secara free of charge. Sedikitnya ada 10 lembaga penelitian dunia yang sedang mengkaji dan menemukan vaksin untuk mencegah atau mengatasi virus yang menyerang tenggorokan dan paru-paru tersebut. Semua menjadi dasar bahwa vaksinasi massal harus diberikan yang namanya public goods, ditanggung oleh pemerintah. Sebagai catatan, vaksin Sinovac menggunakan versi non-infeksi dari virus Corona untuk memicu respon imun.

Melalui jalur bilateral, pemerintah telah menandatangani kontrak untuk 125 juta dosis vaksin dari Sinovac dengan opsi menambah a hundred juta dosis lagi dan one hundred thirty juta dosis dari Novavax . Sementara itu, pemerintah tidak boleh sekadar mengandalkan vaksin dan beranggapan bahwa vaksinasi dapat mengatasi seluruh masalah di pandemi. Di mana menurut ahli epidemiologi Universitas Airlangga, Dr dr Windhu Purnomo MS, pemerintah juga harus memperkuat pelacakan dan pengetesan guna mendeteksi kasus positif sebanyak mungkin.

Vaksin dapat menangani Covid

Terlebih, kabar vaksinasi bagi tenaga medis dan pahlawan garda terdepan lainnya seakan mampu memberikan suntikan pengaruh. “Kriteria ketiga, obat memiliki mutu yang memenuhi standar yang berlaku serta dan Cara Pembuatan Obat yang Baik. Kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk divaksin karena program vaksin akan terus dilakukan hingga Pandemi Corona Virus Diseace usai.

Sebab, virus ini selalu bermutasi melahirkan varian-varian baru akan menyulitkan peneliti maupun ahli kesehatan untuk membuat desain obatnya. Namun, kabarnya seperti diberitakan Shouth China Morning Post, China sedang mengajukan paten untuk obat virus corona. Obat ini dikembangkan oleh Institut Virologi Wuhan yang memanfaatkan remdesivir. Dari hasil penelitian, remdesivir efektif memerangi virus corona ketika dikombinasikan dengan obat malaria chloroquine. “Pendekatan konvensional biasanya memerlukan dua hingga tiga kali sebelum bisa uji klinis.

Dia melanjutkan program kebijakan dalam menangani dan mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar dan menjaga jarak sosial harus tetap dilanjutkan. Masyarakat harus bisa menerima bahwa mereka tidak bisa lagi hidup regular kembali seperti semula pascapandemi Covid-19. “Desain obat harus fix atau permanen sebelum dibuat, ketika ada sedikit perubahan maka harus dilakukan desain yang baru,” katanya.

Ia berharap agar nakes atau masyarakat yang telah dijadwalkan untuk mendapat vaksin dapat memiliki untuk berkontribusi. Menurutnya tak perlu merasa ragu dan cemas terhadap vaksin COVID-19 karena hal itu dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dalam melawan virus tersebut. Namun peneliti senior LBM Eijkman Prof David H Muljono, dr, SpPD, FINASIM, PhD mengungkapkan nantinya vaksin tersebut melalui pengembangan obat natural asli indonesia yang nantinya bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia. vaksin di atas kepala mereka saat mereka mengarungi air banjir setinggi pinggang untuk mencapai desa terpencil,” kata Gates, menekankan bahwa untuk melakukan vaksinasi di daerah termiskin di dunia tidak dapat dilakukan secara mudah. Rencana pertama untuk vaksinasi corona, menurut Gates, adalah menyoal bagaimana sebuah negara dapat memproduksi vaksin.

“Sebenarnya saat pendaftaran saya adalah orang pertama yang rencananya akan disuntik vaksin , namun ternyata kadar tensi darah saya tidak begitu bagus sehingga saya benar-benar harus beristirahat sejenak. Setelah itu saya disuntik vaksin dan menunggu di ruang observasi selama 30 menit sampai saat ini, saya tak merasakan efek samping apapun, Alhamdulillah aman dan halal,” katanya. Jika biasanya ketika disuntik kita dapat merasakan jarum yang masuk ke dalam tubuh kita, namun hal itu tidak saya rasakan sama sekali. Setelah disuntik, saya ke ruang observasi untuk menunggu reaksi dari vaksin yang masuk ke dalam tubuh saya. Setelah disuntik dan menunggu selama 30 menit, saya tidak merasakan gejala apa-apa pada tubuh saya. Malah saya berpuasa pada hari ini dan tidak ada masalah pada fisik saya setelah disuntik vaksin tadi,” kata Eko dengan antusias.

Pemerintah melalui Menristek Bambang memberikan bocoran harga vaksin mandiri atau vaksin Merah Putih. Ran Balicer, kepala inovasi untuk HMO Clalit, mengatakan Israel telah mengintegrasikan infrastruktur knowledge digital dengan cakupan penuh dari seluruh populasi, mulai dari janin sampai jompo. Perbaikan lainnya termasuk menindih lebih banyak dosis dari setiap botol daripada yang disediakan dari pabrik. Tim Israel mengemas ulang palet extremely-beku besar ke dalam kotak terisolasi seukuran pizza kecil, memungkinkan distribusi dalam jumlah yang lebih kecil dan di lokasi yang lebih terpencil. Otoritas Israel belum mengatakan secara terbuka apa yang mereka bayarkan untuk vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan AS Pfizer dan mitra Jerman BioNTech.

Loss