Berita Vaksinasi Lansia Hari Ini

Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Walaupun begitu, Rosye mengatakan, tidak semua lansia dapat divaksin. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan. “Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran.

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , menargetkan 7.000 lansia dan tokoh agama di Pangkalpinang melakukan vaksinasi tahap dua. Kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama dilakukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional tersebut dimulai pada Senin eight Februari. Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Kesehatan menyepakati untuk memberikan vaksinasi free of charge bagi warga lanjut usia ber-KTP non Jakarta. Sebab lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Sementara itu, jika kerabat atau orang tua Anda telah mendapat vaksin untuk lansia, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah kapan proses atau tanggal vaksinasi tersebut dilakukan. Menurut Konsultan Alergi Imunologi di RSCM/FKUI itu, lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dan rentang waktu untuk pemberian vaksin kedua zero-14 hari setelah vaksinasi COVID-19 pertama dinilai belum cukup.

Lansia yang tidak lolos skrining ini tidak boleh mendapatkan vaksin Sinovac. Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai 98%.

Cuma berbedanya, kita harus memperhatikan kondisi fisik dari lansia itu sendiri. Dan harus diperhatikan juga dengan pemilihan tempat yang cukup luas dan besar bagi lansia,” ulasnya. Wiwik juga menambahkan, vaksinasi Covid-19 tersebut nantinya akan di pertimbangkan juga terkait tempat pelayanannya. “Kriteria untuk bisa melakukan vaksinasi terhadap lansia, 60 tahun ke atas. Yang mempunyai risiko , dan untuk dapat mendapatkan kekebalan tubuh mereka bisa mendapatkan vaksinasi lansia ,” sambungnya. Selain itu, juga pertimbangan syarat lainnya, terkait siapa yang layak mendapat vaksin tersebut.

Vaksinasi bagi Lansia

Selain itu, sasaran juga diminta untuk membawa surat keterangan layak vaksinasi. Jumlah dosis yang akan diberikan pun sama, yakni dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Hanya penerima vaksin yang diperbolehkan menunggu di area pelaksanaan vaksinasi. Keluarga yang bertugas mendampingi penerima vaksin tidak diperkenankan masuk ke area tempat vaksinasi berlangsung. Bagi Anda warga Bandung, bisa mendaftar melalui link Bandung.kemkes.go.id.

Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump. Artinya hingga saat ini sudah lebih dari seventy six juta dari total 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. Presiden terpilih Joe Biden mendapat vaksinasi sebagai aksi simbolis. Sebelumnya, sebanyak 118 dosis vaksin yang ada diperuntukan untuk lansia dan 9.900 dosis vaksin untuk pelayan publik. Ia mengatakan, vaksinasi terhadap petugas publik dilakukan secara bertahap dan dilaksanakan sesuai ketersediaan vaksin.

Loss