Bio Farma Mau Vaksinasi Mandiri Pakai Sinopharm & Moderna

Sampai Jumat (26/three), program vaksinasi telah direalisasikan untuk 10 juta orang penerima vaksin, dengan kecepatan harian dari tenaga vaksinasi di Indonesia sudah mendekati 500.000 penyuntikan per hari. Menurut Kepmenkes itu, produk farmasi tersebut akan digunakan untuk vaksinasi yang dilakukan pemerintah secara gratis. Dalam vaksinasi mandiri, distribusi vaksin akan ditangani Kementerian BUMN. Tapi sebelum digunakan, semuanya harus lulus ujian dan pemeriksaan dari BPOM. Kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Sinovac Biotech dari Beijing Minggu (6/12/2020) malam telah menarik perhatian masyarakat secara luas.

Dalam dua pekan ada 6.689 perusahaan yang tertarik mengikuti vaksinasi ini. Untuk mencapai target tersebut, tentu saja pemerintah tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dan memerlukan kolaborasi dari segala sektor, termasuk perusahaan yang hendak melakukan vaksinasi mandiri. Tantangan utama dalam vaksinasi mandiri adalah persepsi masyarakat yang berbeda, mulai dari anggapan vaksin berbayar lebih baik daripada yang free of charge atau sebaliknya. Hal tersebut sebagai jaminan bahwa vaksinasi mandiri tidak sepenuhnya lepas dari kontrol pemerintah untuk mengantisipasi adanya mafia vaksin dan vaksin palsu yang dikhawatirkan masyarakat ke depan. Vaksin gratis pemerintah bisa berkurang peminatnya karena efikasi lebih rendah dari vaksin mandiri. Padahal pemerintah sendiri terlanjur pre order vaksin sinovac,” kata Bhima.

Saat ini regulasi tentang program tersebut sedang dipersiapkan oleh pemerintah. Wacana vaksinasi mandiri untuk sektor swasta ditolak sejumlah organisasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat untuk Keadilan Kesehatan Covid-19. Rencana vaksinasi mandiri yang digagas pengusaha telah diwacanakan sejak tahun lalu. Menurut JK penyuntikan vaksin COVID-19 secara mandiri dapat mempercepat pemerintah dalam mencapai goal vaksinasi.

Tata laksana pelayanan vaksinasi Gotong Royong mengacu pada standar pelayanan, dan standar prosedur operasional yang ditetapkan oleh masing-masing pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi. Dalam aturan Permenkes, vaksinasi mandiri disebut dengan vaksinasi gotong royong. Meski biaya vaksinasi gotong royong ditanggung badan hukum atau badan usaha, tetapi pendanaan untuk pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca vaksinasi Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Vaksinasi Mandiri

Jumlah yang disuntik dosis pertama sebanyak 7.729.582 orang dan three.500.264 orang untuk dosis kedua. Menyikapi keluhan pelaku industri itu, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan, mengakui vaksinasi belum menyasar sektor industri karena keterbatasan pasokan vaksin. Ini jadi catatan bagi penanaman modal asing , kapan vaksinasi dilakukan untuk sektor industri,” ujar Wakil Ketua Koordinator Himpunan Kawasan Industri Kepri, Tjaw Hioeng, Minggu (28/three/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos. Saat ini, Riza Patria berujar, pemerintah menargetkan untuk melakukan vaksinasi kepada 70 ribu orang per hari.

“Menyambut bulan suci Ramadhan, selain protokol kesehatan yang harus diterapkan di rumah ibadah, pengurusnya juga kami pastikan sudah di vaksin,” ungkapnya. Kepala daerah inovatif ini berharap agar dosis vaksin untuk warga Muba dengan target 80 persen dapat segera terpenuhi. Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, pelaksanaan vaksin COVID-19 baru 5 persen dari complete seluruh penduduk di Kabupaten Muba.

Loss