Dewi Ardhiani Anastasia Citra Raih Gelar Girl Grandmaster Di Serbia

Sampai dengan Jam sixteen.18 posisi Woman Grandmaster Medina, telah menang terhadap 430 Peserta, dan belum terkalahkan. Dari penelusuran, Wesley baru saja menjadi juara turnamen catur Open Euro Rapid dengan fantastis mengalahkan pemain peringkat satu sekaligus juara dunia, Magnus Carlsen dalam ultimate yang berlangsung secara digital, Minggu 14 Februari 2021 lalu. Dalam turnamen GM Turnamen kali ini, PB Percasi menghadirkan GM Timur Gareyef dari Amerika Serikat kelahiran Tashkent, Usbekistan. Dia merupakan pemegang rekor catur buta yang dibuatnya di Universitas Nevada, Las Vegas, three Desember 2016. Salah satunya Armenia Zendy asal Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari yang berhasil mengharumkan nama Cilacap dikancah Internasional pada 2019 lalu di Thailand. Dikatakan dalam kompetisi kelas junior kala itu Zendy mampu meraih medali perak dan menerima gelar Woman Candidate Master .

Namun, khusus pecatur dengan gelar grandmaster , girl grandmaster , worldwide master , dan lady worldwide grasp tidak dikenakan biaya pendaftaran. Irene Sukandar sendiri merupakan pecatur wanita indonesia pertama yang mendapatkan gelar Woman Grandmaster atau WGM sedangkan Dadang Subur mengaku sebagai mantan atlet Pingpong yang bermain catur sebatas hobi. Berbicara soal gelar, terdapat banyak gelar dalam dunia percaturan dari Fédération Internationale des Échecs atau FIDE. Perlu diketahui FIDE mengeluarkan dua kategori gelar catur yaitu gelar umum dan gelar khusus wanita. Biasanya gelar khusus wanita masih di bawah gelar umum dengan ELO lebih rendah 200 poin. Namun tidak menutup kemungkinan bagi pecatur wanita yang telah memiliki gelar khusus wanita untuk meraih dua gelar catur dengan mengejar gelar umum.

Tidak seperti gelar Grandmaster dan International Master, tidak ada persyaratan bagi pemain untuk mencapai norma. Cara yang biasa bagi pemain untuk memenuhi syarat gelar Master FIDE adalah dengan mencapai peringkat Elo 2300 atau lebih. Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi GP Bahrain setelah berhasil mengatasi tekanan hebat dari Max Verstappen dari tim Red Bull. Chelsie juga mempersembahkan medali perak untuk tim catur Indonesia di nomor individu putri pada Sea Games ke-30 yang digelar di Filipina, 2019 silam. Bukan hanya itu, di tahun yang sama, Chelsie juga berhasil meraih norma WGM pertamanya di Olimpiade Catur ke-40 yang dihelat di Istanbul, Turki. Paras ayu Chelsie dan kepintarannya dalam memberikan penjelasan menjadi salah satu sorotan dalam duel itu.

Woman Grand Master chess

Medina mengemukakan dalam waktu dekat dia akan mempertahankan gelar Woman Grand Master dalam kejuaraan catur terbuka di Hungaria pada Mei 2015. Sebanyak 268 pecatur nasional dan internasional memenuhi aula kantor Kejaksaan Tinggi Jatim, Selasa (17/5/2016). Mereka akan berduel untuk menjadi nomor satu di ajang Kajati Jatim Cup 2016 Fide International Open Chess Tournament. Event ini digelar oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia dan PT JAPFA Comfeed Tbk. Berdasarkan situs web chess-db.com, Samantha saat ini berada di peringkat ke-5 dunia untuk kategori U-10. “Samantha pertama kali diperkenalkan ke dunia catur saat usia enam tahun, saat diminta mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolahnya,” tutur Larry Edith, ayah Samantha, megutip dari Tribunnews.

Sebagaimana diberitakan Antara (19/11), Turnamen Catur Internasional “IM Round Robin Third Saturday fifty four” yang digelar sejak 12 November hingga 18 November di Novi Sad, Serbia tersebut diikuti oleh 10 atlet dari 6 Negara termasuk FIDE. Turnamen yang menghadirkan GM dan WGM dari China, Philipina, Rusia, Rumania, Prancis, Serbia, dan Rumania ini bertujuan meningkatkan elo rating pecatur Indonesia. Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua PB Percasi DKI Jakarta Hendri Jamal mengatakan atlet yang akan menjalani pelatihan di Hungaria sebanyak tujuh atlet yang terdiri atas empat atlet putra dan tiga atlet putri. “Persaingan ketat akan datang dari para pecatur Rusia karena kejuaraan itu terbuka untuk semua negara,” kata Medina.

Antono pun berharap dari turnamen ini PB PERCASI ‘menemukan’ calon jawara catur yang nantinya bisa dibina baik bakat maupun kemampuannya hingga mampu berkiprah di tingkat mancanegara. Dijelaskan Antono, saat ini BPK PENABUR Jakarta memiliki 80 sekolah, tingkat SD hingga SMA yang menaungi 32 ribu siswa. Dari ribuan siswa tersebut, ia berharap akan lahir bibit unggul, yang tidak hanya berprestasi di ranah pendidikan, namun berjaya pula di arena olah raga. Turnamen antar tingkat pendidikan di lingkungan BPK PENABUR Jakarta ini, diikuti 274 peserta didik dari Jenjang SDK, SMPK dan SLTAK PENABUR Jakarta. Menariknya, perhelatan yang dilaksanakan atas kerjasama pihak sekolah dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia , dihadiri pula GM Susanto Meganranto dan jawara catur lainnya.

Sementara itu, pelatih Tim Porprov Catur Kota Malang yakni Iqra menilai bahwa tayangan dari pertandingan catur antara Dewa Kipas dengan WGM Irene membuat animo masyarakat untuk berlatih olahraga catur semakin menggeliat. Dari pertandingan catur tersebut, Dewa Kipas kalah telak melawan WGM Irene dengan skor 3-zero. Khususnya di Kota Malang peningkatan animo ini juga terjadi terhadap anak-anak muda yang kembali giat untuk berlatih catur. Untuk mengikuti kompetisi ini, para peserta harus mengunduh aplikasi “Jago Catur” yang tersedia di Google Play Store dan melakukan registrasi untuk dapat mengikuti kompetisi ini.

Sosok Chelsie yang saat itu menjadi komentator pertandingan bersama dengan Grand Master Susanto Megaranto mencuri perhatian karena memiliki paras yang menawan. Dijelaskan, aplikasi permainan yang berbasis smartphone ini juga diharapkan dapat mendorong migrasi dari function telephone sehingga pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman gaya hidup digital terbaik yang didukung oleh jaringan baru Indosat. platform onlinetentunya generasi yang lebih muda dapat lebih mudah mengaksesnya.

Hal itu terlihat ketika Dewa Kipas bertanding secara langsung kontra Irene Sukandar belum lama ini. Dewa Kipas akhirnya menantang Irene Sukandar untuk menyelesaikan tuduhan tersebut di atas papan catur. BOLASPORT.COM -Dadang Subur alias Dewa Kipas akhirnya mengaku kalah dari Woman Grandmaster Irene Kharisma Sukandar dalam duel catur persahabatan. Poster duel catur antara Dadang Subur alias Dewa Kipas vs Irene Kharisma Sukandar selaku Grand Master Catur Wanita dalam podcast Deddy Corbuzier, Senin (23/3/2021). Hebatnya lagi, Medina menggenapkan gelar Woman Grandmasternya dalam usia sixteen tahun 2 bulan sixteen hari!

Medina nantinya akan membuktikan kehebatannya menghadapi 650 pecatur sekaligus. Menurut Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, kompetisi catur on-line ini bertujuan untuk mendorong pelajar Indonesia untuk bermain sekaligus belajar strategi melalui permainan catur. Sekaligus ingin memberikan pengalaman bagi generasi muda Indonesia dalam memanfaatkan teknologi information dan aplikasi terkini untuk sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan. “Aplikasi permainan yang berbasis smartphone ini juga diharapkan dapat mendorong migrasi dari function cellphone sehingga pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman gaya hidup digital terbaik yang didukung oleh jaringan baru Indosat,” ujarnya. Sekretaris Panitia Suranto mengatakan, FRC merupakan turnamen terbuka untuk umum dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 40 ribu.

Loss