Kenapa Lansia Perlu Tunggu 28 Hari Untuk Vaksin Covid

Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza. Lansia yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Virus influenza bisa lansia cegah dengan vaksin flu, yang bisa pemberian vaksinnya satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. Pelaksanaan vaksinasi drive thru yang berlokasi di lapangan parkir corridor C, Jakarta International Expo , Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes, Halodoc, dan Gojek.

“Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Pasien gangguan pembekuan darah atau defisiensi imun dan penerima produk darah atau transfusi, vaksinasi Covid harus ditunda dan dapat diberikan setelah konsultasi kepada dokter yang merawat. Misalnya dalam kondisi penyakit Lupus tapi dalam kondisi tenang maka vaksinasi bisa diberikan setelah mendapat keterangan layak dari dokter yang merawat. Sesuai dengan rekomendasi Badan POM, pemberian dua kali suntikan vaksin untuk lansia akan diberikan dengan jeda 28 hari. Sedangkan untuk kelompok usia tahun, Nadia menegaskan, jeda penyuntikan tetap dilakukan dalam kurun waktu 14 hari. Selain itu program vaksinasi drive through ini gratis dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Satu pendamping (Usia tahun) yang membawa dua lansia untuk di vaksinasi Covid-19 BBPK Hang Jebat Jakarta, juga akan menerima vaksinasi Covid-19. Dilansir dari akun Instagram Kemenkes, lansia menjadi salah satu kelompok yang berisiko tinggi saat terpapar Covid-19. Meski jumlah lansia yang terpapar virus corona hanya 10% dari complete kasus, namun tingkat kematiannya mencapai 50%. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah maka akan terbentuk kekebalan kelompok .

Vaksin bagi lansia

Biasanya, reaksi akan terjadi karena penerima vaksin tidak mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuhnya rentan terhadap komponen vaksin. Jadi, sebelum lansia menjalani vaksin, mereka wajib melakukan konsultasi pada dokter lebih dahulu. Biasanya, vaksin untuk lansia ini dokter berikan dalam dua tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida.

Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (three/3/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Melansir laman Setkab vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Para lansia ber-KTP DKI Jakarta cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc. “Namun, penularan virus corona masih saja tetap berlangsung. Jadi, meski sudah vaksinasi harus tetap jaga 5M karena penularan masih bisa berlanjut. Hanya saja resiko untuk sakit jadi parah dan meninggal bisa diturunkan dengan divaksin,” ujar Doni. Tak hanya anak muda, Kemenkes juga memberlakukan untuk para teller financial institution. Artinya satu teller bisa membawa orang tuanya yang lansia, baik nenek atau tetangga atau nasabah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan , pada tanggal 5 Februari 2021, mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin CoronaVac produksi Sinovac untuk digunakan kepada kelompok lanjut usia berumur 60 tahun ke atas. Lebak, IDN Times – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak telah menerima vaksin COVID-19 untuk masyarakat lanjut usia . Ke depan terang Ary, pihaknya akan merangkul lansia di kelompok-kelompok tertentu untuk meningkatkan cakupan vaksin di kalangan ini. Ary menambahkan, kabupaten/kota yang terbanyak lansianya yang sudah disuntik yaitu di Padang.

Jumlah kasus COVID-19 setiap harinya terus meningkat, terutama di kalangan lansia akibat sistem imun tubuh yang semakin melemah. “Mengalami kesulitan berjalan meter, dan mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir,” kata Bachtiar. “Termasuk data lansia jemaah haji dari Kementerian Agama yang sudah kami sebar ke faskes,” ujar Bachtiar. “Nanti kalau datang jumpa nenek dan kakeknya, jangan langsung major peluk aja. Bersihkan diri, karena kalau dari luar kan berinteraksi dengan banyak orang,” kata Marlin. Engkus menegaskan, data tersebut nantinya akan dijadikan landasan bagi Pemprov Jabar untuk menyalurkan vaksin ke Kabupaten Bogor.

Loss