Lawan Dewa Kipas, Irene Sukandar Sudah Juara Catur Internasional Sejak Belia

Alexander menambahkan, aplikasi permainan yang berbasis smartphone ini juga diharapkan dapat mendorong migrasi dari feature cellphone. “Sehingga pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman gaya hidup digital terbaik yang didukung oleh jaringan baru Indosat,” kata dia. Para peserta harus mengunduh aplikasi Jago Catur yang tersedia di Google Play Store dan melakukan registrasi untuk dapat mengikuti kompetisi ini. Sehingga pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman gaya hidup digital terbaik yang didukung oleh jaringan baru Indosat, kata dia. Padahal, dari dunia caturlah dirinya justru bisa menggapai prestasi, memperoleh penghargaan, menempuh pendidikan hingga mendapat pekerjaan.

FIDE mengeluarkan daftar score yang bernama ELO Rating untuk pecatur internasional setiap 2 bulan sekali. Sedang PERCASI mengeluarkan Daftar Rating Nasional setiap 6 bulan sekali . Seorang pecatur yang telah memenangi beragam turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya.

Tidak sekedar bermain, tapi juga belajar strategi melalui permainan catur. 670 peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah pecatur dari seluruh Indonesia, dan merupakan pelanggan Indosat. Dan angka jumlah peserta 670 ini telah melampaui target sebanyak 650 peserta. Kompetisi ini diperkirakan memakan waktu sekitar 10 jam dan akan dipilih 10 pecatur terbaik untuk babak selanjutnya yang akan diselenggarakan pada Senin 30 Maret 2015.

Hampir sama dengan CM/WCM, pecatur dengan ELO minimal 2100 sudah bisa mendapatkan gelar FIDE Master dengan memenangkan 65% dari complete 9 pertandingan di olimpiade catur. Terbukti, lulusan Webster University ini langsung membuat banyak prestasi, dari tingkat nasional saat usianya masih 9 tahun, berlanjut ke tingkat Asia, lalu tingkat dunia. Selain sibuk di dunia catur, Irine sekarang juga sedang melanjutkan pendidikannya mengambil gelar grasp di bidang International Relations. Lebih lanjut Budi juga mengungkapkan bahwa di Kota Malang sendiri belum memiliki atlet dengan gelar Grand Master Catur. Namun meski begitu, sudah terdapat atlet-atlet catur yang telah menjuarai kejuaraan catur internasional. Dirinya berharap agar kedepan para atlet catur Kota Malang dapat lebih bersemangat lagi.

Sedangkan untuk menjadi Grandmaster, pecatur harus mencapai Elo score minimal 2.500 poin. Turnamen Catur Internasional “IM Round robin Third Saturday fifty four” yang dimulai sejak tanggal 12 November hingga 18 November 2017 tersebut diikuti oleh 10 atlet dari 6 Negara termasuk dari FIDE. Selain itu diadakan juga turnamen GM Round robin Memorial Milje Vujovica yang diikuti oleh 10 atlet dari 7 negara.

Woman Grand Master chess

Sayangnya, di Indonesia belum cukup mampu mengadakan banyak turnamen catur internasional. Sehingga pecatur Indonesia masih bergantung dengan turnamen internasional, setidaknya di negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand. Demi menaikkan Elo rating—metode untuk menghitung tingkat keterampilan relatif pemain catur—dan menambah jam terbang, Eka menuturkan, sebelum pandemi Covid-19 Aditya bisa enam hingga tujuh kali mengikuti turnamen catur internasional. Alex menungkapkan, aplikasi permainan yang berbasis smartphone ini juga diharapkan dapat mendorong migrasi dari characteristic cellphone. Para peserta dapat mengunduh aplikasi Jago Catur yang tersedia di Google Play Store™, dan melakukan registrasi untuk dapat mengikuti kompetisi ini. President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, kompetisi catur on-line ini bertujuan mendorong pelajar Indonesia.

“Setelah 36 tahun, sekarang kami ke sana lagi untuk melangsungkan turnamen internasional,” ujar Utut. Dengan gaji yang lumayan besar, keahliannya dalam bermain catur pun mulai teralihkan. Kondisi ini jelas berdampak pada permainannya saat gelaran JAPFA Grandmaster and Women Grandmaster Tournament yang diadakan di Solo Paragon Hotel.

Loss