Menkes Terbitkan Aturan Soal Vaksin Mandiri, Ini Penjelasan Lengkapnya Halaman All

Menurutnya, alasan vaksinasi mandiri untuk mempercepat herd immunity di masyarakat tidak tepat. Untuk mencapai kekebalan kelompok saat ketersediaan vaksin Covid-19 masih terbatas, program vaksinasi jangka pendek harus diupayakan untuk menurunkan angka penularan dan kematian. Pemerintah mengizinkan program vaksinasi oleh swasta yang pertama di dunia pada bulan lalu. Program vaksinasi mandiri itu akan memungkinan perusahaan swasta untuk membeli vaksin yang dibeli oleh pemerintah untuk memvaksinasi karyawan mereka. Program itu akan berjalan bersamaan dengan program vaksinasi nasional oleh pemerintah.

Vaksinasi mandiri itu, kata Budi, bukan perorangan, melainkan melalui perusahaan untuk para karyawannya. “Jadi dengan syarat satu, korporasi mau beli, dengan syarat semua karyawannya mesti dikasih,” ujar dia. Ini sebenarnya merupakan efek domino yang diharapkan dalam mengakselerasi capaian cakupan vaksinasi agar tercapai herd immunity, dan kita bisa keluar dari pandemi yang panjang ini. Menurut Slamet, jika waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 70 persen penduduk yang divaksinasi cukup lama, maka dengan vaksinasi secara mandiri akan membantu memenuhi kuota penduduk yang harus divaksinasi.

Vaksinasi Mandiri

Pada pelaksanaannya, menurut Arya Sinulingga, pengusaha mengusulkan membantu dengan cara memvaksinasi terhadap karyawannya. Dia mengatakan, vaksinasi ini tidak mengganggu program vaksinasi pemerintah. Pemerintah menargetkan dapat memvaksinasi 181,5 juta orang dalam setahun sebagai upaya untuk mencapai kekebalan kelompok dalam program vaksinasi yang dimulai pada Januari. Peran swasta dalam vaksinasi mandiri, demikian Presiden, sangat penting untuk mewujudkan herd immunity atau imunitas kelompok. Anindya Bakrie menambahkan bahwa terdapat ribuan perusahaan yang menyatakan dukungannya terhadap vaksinasi mandiri lewat program vaksin gotong royong ini. Pelayanan vaksinasi Gotong-Royong ini harus dilakukan di fasilitas pelayanan klesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan.

Pemerintah memperkuat kapasitas laboratorium untuk mendeteksi virus varian baru di seluruh Indonesia. Saat ini baru diketemukan 2 dari 462 sampel yang sudah diperiksa. Adanya varian tersebut akan mendorong pemerintah untuk melakukan pengembangan riset yang semakin cepat, penanganan yang lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik. Pernyataan itu ia sampaikan saat mengumumkan penerbitan izin penggunaan darurat untuk vaksin buatan tim peneliti Oxford University itu. Saat ini sistem untuk memasukan information rapid antigen sudah dipersiapkan dan sedang dilakukan uji coba.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin. Rutin berolahraga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga perlu dilakukan sebelum mendapatkan vaksin, karena kebiasaan ini baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat.

SOLO, iNews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan vaksinasi Covid-19 mandiri atau vaksinasi gotong-royong segera berjalan. Sejumlah perusahaan akan mengupayakan vaksinasi mandiri tersebut. Dia menegaskan tak hanya menggencarkan program vaksinasi massal untuk mengatasi Covid-19, pemerintah pun menggalakkan program 3T . Tujuannya, untuk melacak penyebaran Covid-19 dari seseorang yang sudah dinyatakan positif terpapar Covid-19. Ketua Kadin Rosan P. Roeslani, Senin (15/3), mengatakan lebih dari eleven.500 perusahaan telah mendaftar untuk rencana tersebut vaksinasi itu, yang akan memungkinkan sekitar 7,4 juta orang divaksinasi.

Pemerintah DKI, kata Riza, saat ini telah menerima 1,6 juta vaksin COVID-19 dan pemerintah menargetkan hingga Juli mendatang bisa menyelesaikan goal tiga juta orang telah menjalani vaksinasi. Meilinda menjelaskan, vaksinasi dilakukan juga sebagai upaya menciptakan kekebalan atau imunitas untuk melindungi warga Itenas dari ancaman pandemi Covid-19. Vaksinasi mandiri dilakukan guna mempersiapkan pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka.

Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 ke lengan kiri salah satu jurnalis/awak media di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (24/2/2021). Jumlah calon penerima vaksin COVID-19 tahap 2 di daerah ini membengkak dari goal semula hanya 32 ribuan sasaran namun setelah pendataan menjadi 225 ribu orang. “Biaya pelayanan Vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri sebagaimana dimaksud pada ayat 1,” bunyi pasal 23 ayat 2. Nantinya, setiap fasilitas pelayanan Kesehatan yang telah melakukan Vaksin Mandiri harus melakukan pencatatan dan pelaporan melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan Vaksinasi Mandiri direncanakan mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021. Ia juga menyebutkan, Kementerian Kesehatan akan menetapkan harga vaksin tersebut.

Loss