Potensi Diri

Disadari atau tidak, mengikuti organisasi selama masa perkuliahan termasuk salah satu cara mengasah gentle talent bagi mahasiswa. Sebab hal terpenting dalam mengikuti organisasi tersebut yaitu tetap loyal dan menyelesaikan semua kewajiban dengan baik. Misalnya ketika kamu memiliki ketertarikan dalam mendalami bidang seni, maka organisasi terkait kesenian sangat cocok diikuti. Sejak resmi menjadi mahasiswa di suatu universitas, tentu saja kamu akan dikenalkan dengan berbagai organisasi yang bisa diikuti sesuai dengan minat dan bakat.

Tidak bisa dipungkiri, media sosial berkontribusi dalam isu kesehatan mental yang marak dibicarakan belakangan ini. Media sosial memberikan kesempatan untuk orang dalam mengkurasi hidupnya dan hanya memperlihatkan gambaran kehidupan yang indah dan sempurna. Hal ini berdampak pada kecemburuan dan perasaan tertinggal bagi orang yang melihatnya. Coba lah bereksperimen dengan tidak menggunakan media sosial selama beberapa minggu. Mengasah kemampuan diri dan menambah ability dalam diri akan membuat kamu lebih percaya diri dan menjadikan mental lebih kuat. Kamu akan merasa diri kamu berharga dengan ilmu yang kamu miliki.

Orang yang membiasakan sarapan pagi akan mendapatkan asupan glukosa yang menjadi sumber utama energi dalam tubuh. sarapan pagi akan menggantikan glukosa dalam tubuh yang telah berkurang setelah tubuh tidak diisi makanan selama eight sampai 12 jam karena tidur. Biaskanlah sarapan pagi sebelum jam 9 agar otak anda bekerja dengan baik dan meningkatkan kecerdasannya serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Misalnya saat Anda kelelahan, apa yang biasanya Anda lakukan atau keluhkan? Bagaimana hal tersebut memengaruhi orang-orang di sekitar Anda? Ini akan membantu Anda mengenali pola perilaku Anda sendiri sekaligus memahami perasaan orang-orang yang dekat dengan Anda. Menurut para pakar psikologi dan perkembangan mental, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali dan mengelola emosi yang dirasakan Anda sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu semakin banyak manusia mengalami pengalaman buruk maka mentalnya juga lebih kuat daripada sebaliknya. Konsultasi dengan psikologi juga membantu Anda menggali sumber dukungan paling dominan dan juga merubah pola pikir begatif menjadi positif. Menjadi orang yang perfeksionis mungkin terlihat sempurna dari luar, terlihat pandai, dan sebagainya. Namun menjadi orang yang perfeksionis namun tidak dapat menyeimbangkan semua elemen kehidupan seperti hubungan sosial, psikis, dengan lingkungan dan lain sebagainya akan menjadikan psychological tidak tahan banting. Ketika dihadapkan pada lingkungan sosial yang berbeda- beda, tuntutan diri sendiri terhadap apa yang dilihat namun tidak sesuai dengan ekspektasi dan harapa akan memicu tekanan psikis tersendiri.

Bernafas dengan hidung dan keluarkanlah melalui mulut hal ini akan menjadikan oksigen didalam darah dan otak akan meningkat sehingga akan memperjenih otak dalam berpikir. Menghirup udara dengan hidung juga dapat membantu mendinginkan otak yang sedang bekerja dengan panas sehingga akan tetap on serta konsentrasi. Otak juga membutuhkan oksigen yang cukup untuk membantu konsentrasi anda tetap fokus serta cara meningkatkan kecerdasan otak. Seharian anda pasti melakukan suatu kegiatan yang mengeluarkan uang, teliti dan hitung kembali uang yang telah anda keluarka hari ini seberapa banyak. Uang yang masih tersisa apakah jumlahnya sesuai jika dikurangkan dengan uang yang telah dipakai. Hal-hal tersebut akan mengasah otak anda dalam meningkatkan daya ingat.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Atau apa yang hendak dicapai dengan mengikuti pendidikan tinggi?. Setiap mahasiswa yang ditanya pertanyaan tersebut memiliki beragam jawaban dan alasan. Pertanyaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggali jawaban di dalam diri sendiri. Artikel ini dirangkum dari refleksi diri penulis yang dipadukan hasil diskusi, dan kajian literatur. Focus diskusi pada artikel ini adalah tentang bagaimana strategi mahasiswa untuk mengembangkan diri di perguruan tinggi. Berbagai kemampuan tersebut harus dilatih secara terus menerus untuk meraih hasil yang optimal.

Hal ini bisa membantu kita untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang kita miliki. Tanyakan, apa yang kira betul-betul sukai tapi berhenti mengejarnya karena sejumlah alasan. Saat tidak bisa menjadi atlet, mungkin kita bisa memilih perspektif lainnya, seperti menjadi penggemarnya, membuat komunitas, bahkan menjadi pelatih.