Prioritas Untuk Penduduknya, India Perketat Ekspor Vaksin Astrazeneca

“Dan memiliki aktivitas imunogenik tinggi, dengan antibodi virus corona berkembang dalam one hundred persen kasus,” katanya. IHRAM.CO.ID, MOSKOW — Rusia telah mendaftarkan vaksin virus corona pertama di dunia untuk hewan. Strain virus corona slot online indonesia yang bermutasi sebelumnya memaksa negara-negara di seluruh dunia untuk membunuh jutaan hewan ternak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam.

Tempat membeli vaksin

“Kalau bentuknya kerjasama, ya bisa saja itu. Sama seperti kerjasama antara Biofarma dan Sinovac. Kita akan memproduksi sendiri vaksin merah putih. Namun, pada saat yang sama kita akan mengimport vaksin dari China untuk kebutuhan nasional,” kata ia. Ini tentu tidak begitu sulit untuk ditelusuri jika rekam jejak masing-masing produsen vaksin yang ada dapat diungkap. “Kan agak aneh ya. Mereka punya vaksin sendiri, tapi beli ke tempat lain. Dari sisi keamanan dan keuangan, tentu itu kurang menguntungkan,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Jumat (18/12/2020).

Pemerintah India menargetkan vaksinasi 300 juta penduduk hingga Agustus nanti. Mereka juga provider vaksin untuk program Covax yang digagas WHO dan Gavi. Sejauh ini, India sudah mengeskpor lebih dari 60 juta dosis vaksin ke seventy six negara. Pada 16 September, Turki memulai uji coba Fase III dengan 1.200-1.300 petugas kesehatan untuk divaksinasi selama 10 hari ke depan dengan dosis kedua 14 hari kemudian.

Dalam menentukan dosis vaksin aktif maupun inaktif yang disuntikkan juga dapat menyesuaikan dengan umur ayam, misalnya 0,5 ml untuk ayam dewasa dan zero,2 ml untuk anak ayam. Aplikasi dengan cara suntikan subkutan pada anak ayam dan pada ayam dewasa dapat dapat melalui intramuskuler maupun subkutan. Oleh karena itu, umur ayam bisa menjadi pertimbangan dalam memilih metode vaksinasi yang tepat dan efektif.

Air yang digunakan untuk melarutkan vaksin harus bersih dan bebas klorin. Peralatan yang harus dipakai harus bebas dari disinfektan lebih dari dua hari. Untuk memperpanjang umur vaksin, tambahkan 2-5 gram skim per liter air ke dalam air. Perusahaan tambang mengatakan vaksin juga tersedia untuk keluarga karyawan, tetapi Freeport akan membeli lebih banyak untuk memvaksinasi masyarakat Tembakapura, tempat tambang berada.

Vaksin bernama CoronaVac tersebut dikembangkan oleh Sinovac Biotech dengan menggunakan platform inactivated viruses, atau virus yang sudah dilemahkan. Artinya, vaksin Sinovac bekerja dengan cara menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan tubuh terhadap virus tanpa risiko respons penyakit yang serius. Vaksin Pfizer dibuat dengan platform messenger RNA , materi genetik yang dibaca sel tubuh manusia untuk membuat protein.

Bisa pula melakukan pengecekan dan registrasi melalui layanan Peduli Lindungi dengan aplikasi dan situs net. “Sementara, karena Januari ini kita baru akan kelar semuanya. Itu bisa kita menyampaikan ninety seven persen, tapi ini belum dokumen final,” tambahnya. Selain itu, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh CanSino Biologics/Beijing Institute of Biotehcnology/Petrovax digunakan untuk militer di China. Sedangkan, vaksin Covid-19 buatan Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm mendapatkan izin “emergency use” di China dan Uni Emirat Arab. Vaksin Covid-19 buatan Sinovac/Instituto Butantan/Bio Farma telah mendapatkan izin “emergency use” di China. Terdapat juga vaksin Covid-19 buatan Beijing Institute of Biological Products/Sinopharm yang mendapatkan izin “emergency use “di China dan Uni Emirat Arab.

Menurut Peraturan BPOM Nomor 27 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Tatalaksana Registrasi Obat, EUA dapat diberikan untuk vaksin Covid-19 dengan syarat digunakan dan didistribusikan secara terbatas dengan peninjauan rutin terus-menerus. Untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, Indonesia menempuh tiga langkah. Pertama, mengembangkan vaksin Covid-19 Merah Putih serta melakukan kerja sama dengan pembuat vaksin dalam dan luar negeri. Kedua, melakukan pembelian vaksin dari luar negeri setelah disetujui oleh WHO. Ketiga, menggandeng lembaga internasional, yakni CEPI dan Gavi Alliance untuk mendapatkan akses vaksin dalam kerangka kerja sama multilateral . Peragaan saat warga menerima suntikan vaksin saat digelar rangkaian simulasi pemberian vaksin anti Covid 19 di Puskesmas Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020).

Loss