Vaksin Covid

Pertanyaan terkait harga vaksin penting mengingat tidak semua lapisan masyarakat mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah. Anggota Komisi IX DPR Kurniasi Mufidayati keberatan dengan pengelompokan masyarakat dalam skema vaksinasi mandiri yang dibuat pemerintah. Pasalnya, sebagian besar ekonomi rakyat dinilai tengah lesu akibat pagebluk, terkhusus bagi masyarakat yang masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Jakarta, IDN Times – Presiden Joko “Jokowi” Widodo menginstruksikan para jajarannya untuk mempersiapkan aturan mengenai vaksinasi COVID-19 secara mandiri. Aturan tersebut sudah harus disiapkan sejak awal, selain itu Jokowi menginginkan agar harga vaksin mandiri bisa terjangkau. “Kalau skema mandiri tentunya difokuskan pada masyarakat dan pelaku ekonomi, jadi sebenarnya itu kita mengharapkan partisipasi, misalnya perusahaan untuk melakukan vaksinasi untuk seluruh pegawainya,” ungkap dia.

Dalam bahan paparan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terungkap ada 22 juta dosis dari 2 jenis vaksin tersebut yang disediakan untuk vaksinasi mandiri. Kadin, sebagai perwakilan pengusaha Indonesia berharap harga vaksin yang harus dibayarkan terjangkau. Anindya Bakrie menambahkan bahwa terdapat ribuan perusahaan yang menyatakan dukungannya terhadap vaksinasi mandiri lewat program vaksin gotong royong ini. Menurut Budi, jika Bio Farma dan produsen vaksin sudah sepakat dengan harga yang diajukan, maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri tersebut. “Kalau sudah diajukan kami akan melihat dan menentukan harganya berapa,” kata dia. Pemerintah masih belum menentukan harga dan waktu pelaksanaan vaksinasi mandiri atau kini dikenal dengan nama vaksinasi gotong royong.

Namun dapat kami sampaikan bahwa RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin. Melihat banyaknya kesalahpahaman yang timbul atas informasi tersebut kami memutuskan untuk menarik informasi tersebut. Namun, informasi tersebut telah dicabut karena terjadi kesalahpahaman dan RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin.

Harga vaksin mandiri

Dengan adanya kesalahpahaman tersebut, holding RS BUMN itu telah memutuskan untuk menarik informasi yang beredar tersebut. Sebelumnya, Juru bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa pihaknya membuka peluang untuk mengatur batas maksimal harga vaksin Covid-19. “Hal ini agar harga sesuai dengan kemampuan masyarakat. Kami juga ingin memastikan masyarakat mendapatkan vaksin sesuai dengan bentuk tanggung jawab negara,” kata Anna. “Karena itu Vaksin Merah Putih harus dilakukan, harga vaksin sekarang dinamika, dan apakah tadi yang dinamakan vaksin jadi bantuan pemerintah, pemerintah menghitung vaksin.

BPOM juga akan memantau uji klinis tahap 3 vaksin yang dilakukan minimal 3 bulan. Apabila efikasi vaksin tersebut tercapai minimal 50%, BPOM akan mengeluarkan emergency use authorization . Karena BPOM merupakan satu badan yang dipantau kinerjanya oleh WHO,” papar Siti. Menurutnya, uji klinis fase 1 dan 2 vaksin dilakukan selama kurang lebih 6 bulan untuk melihat keamanan imunogenitas vaksin.

Namun hingga kini Bio Farma, BUMN dan swasta, masih belum menentukan harga batas atas vaksin mandiri atau vaksin gotong royong. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong Covid-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai. Tak hanya perihal harga vaksin mandiri yang harus terjangkau dan proses vaksinasi saja, Jokowi juga meminta agar para menteri menjelaskan soal prioritas vaksin.

Vaksin untuk program tersebut akan didatangkan dari beberapa produsen di seluruh dunia, kecuali Sinovac. “Harganya tak lebih dari Rp1 juta untuk satu dosisnya yang bisa diterima oleh pelaku usaha. Tapi kami masih menunggu bagaimana aturan dari pemerintah saja,” katanya, Jumat (12/2/2021). Atas kesalahpahaman dan ketidaknyamanan yang timbul, kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. “Harganya tak lebih dari Rp 1 juta untuk satu dosisnya yang bisa diterima oleh pelaku usaha. Tapi kami masih menunggu bagaimana aturan dari pemerintah saja,” katanya seperti dilansir tempo.co, Jumat (12/2).

JawaPos.com–Pemerintah Kota Semarang mencadangkan anggaran sekitar Rp 50 miliar yang bisa digunakan untuk membeli vaksin Covid-19 jika dimungkinkan secara mandiri. Laman ini berada dalam naungan PT Masa Kini Mandiri, penerbit Koran Lampung Post yang menyajikan informasi berkualitas untuk melengkapi kehadiran koran edisi cetak di masyarakat. Solopos.com, BOYOLALI — Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali sudah memasuki tahap kedua episode keempat pada Senin (29/three/2021) dan masih fokus untuk warga lanjut usia atau lansia. Solopos.com, SOLO — Kesempatan masyarakat wajib pajak untuk melaporkan surat pemberitahuan atau SPT tahunan khususnya orang pribadi pajak tinggal Rabu (31/three/2021).

Dia mengatakan pengusaha di bawah payung Apindo Karanganyar sangat mendukung program vaksin mandiri untuk karyawan pabrik tersebut. Namun, belum jelasnya harga yang ditetapkan dan stok vaksin yang tersedia membuat Apindo mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menjalankan program tersebut. “Sambil program vaksinasi ini berjalan dan tersedia untuk semua orang kita harus tetap menjaga agar bagaimana protokol kesehatan bisa dilaksanakan,” imbuhnya. “Agar jangan sampai tujuan untuk mencapai herd immunity tadi tidak bisa dicapai.”

Pemerintah diharapkan tidak mengabaikan faktor kondisi ekonomi masyarakat saat ini. “Saya juga mendesak pemerintah memastikan tidak ada calo atau spekulan vaksin Corona,” tukas Bamsoet. Bamsoet bilang, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa, maka 210 juta penduduk lainnya harus mengeluarkan biaya sendiri untuk vaksinasi Corona. Ketika dikonfirmasi Lokadata.id mengenai harga yang ditetapkan pada vaksin gotong-royong ini, Shinta mengatakan,”Belum ada harga yang ditetapkan masih menunggu jenis vaksin yang pemerintah siap,” kata dia. Adapun vaksin AstraZeneca yang dibuat bersama Universitas Oxford dan memiliki efektivitas rata-rata 70%, dihargai US$ four atau sekitar Rp 57.000. Kemudian vaksin Novavax dipatok dengan harga US$ 16 atau sekitar Rp 226.000 per dosis.

Loss